Begini Teknik Pengaplikasian Finishing Bangunan pada Dinding!

07.05

 


Teknik dalam pengaplikasian finishing bangunan pada dinding atau acian ternyata tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Tahapan pengacian pada rumah sangat penting, karena rumah akan terlihat semakin rapi dan nyaman untuk dihuni. Lalu sebenarnya apa sih acian dinding itu? Lalu mari kenali jenis acian dinding pada artikel ini.


Pengertian Acian Dinding

Acian dinding ini adalah merupakan proses di mana lapisan tipis yang merupakan campuran dari semen, pasir, dan bahan tambahan lainnya pada proses ini bisa diaplikasikan pada permukaan dinding agar dinding memiliki kualitas yang terbaik karena adanya lapisan pelindung. Tidak hanya itu, acian dinding akan memberikan tampilan yang lebih baik pada rumah. Untuk acian dinding ini bisa diterapkan pada dinding bagian dalam atau bagian luar dari rumah dan bisa melapisi beton atau patu bata.


Ketahui Jenis-jenis Acian pada Dinding

1. Acian berbahan dasar Semen Biasa.

Campuran pada acian semen biasa ini adalah semen, pasir, dan air dimana nantinya akan digunakan untuk lapisan pelindung dan penutup pada permukaan dinding. Acian semen biasa ini digunakan untuk menghaluskan permukaan dinding, lalu untuk menutupi retakan kecil yang ada pada dinding, dan untuk memberikan perlindungan fisik pada dinding. Untuk acian jenis ini biasanya digunakan pada dinding dengan bahan bangunan dari beton atau batu bata.

2. Acian berbahan dasar mortar

Untuk acian dari bahan dasar mortar ini biasanya terbuat dari campuran semen, pasir, dan bahan tambahan lainnya dimana berfungsi untuk memberikan kekuatan dan daya rekat lebih dibandingkan dengan acian semen biasa. Acian jenis ini biasanya digunakan pada permukaan dinding luar rumah yang biasanya terkena cuaca. Tidak hanya di aci dengan mortar, biasanya akan diberikan penutup lapisan seperti keramik atau batuan alam.


Berikut Cara Finishing dan Dekorasi pada Acian Dinding

1. Memilih warna dan tekstur pada acian

Agar tampilan lebih serasi, pilihlah tekstur acian yang sesuai dengan desain interior atau eksterior pada ruangan agar terjadi kesesuaian warna dan tekstur pada acian dengan elemen lainnya di dalam ruangan.

2. Lakukan pengecatan pada acian

Apabila acian dinding telah kering, bisa dilakukan pengecatan pada permukaan acian. Untuk pemilihan warna cat bisa disesuaikan dengan jenis acian. Sebelum pengecatan, pastikan pada permukaan acian sudah dibersihkan dan diberikan lapisan primer. Untuk pengecatan, bisa menggunakan kuas atau rol cat agar cat lebih merata.

3. Bosan dengan warna cat? Bisa gunakan wallpaper atau panel dinding

Mungkin ada beberapa ruangan yang tidak ingin menggunakan cat, alternatif lainnya adalah menggunakan wallpaper atau panel dinding yang bisa disesuaikan dengan tema pada ruangan tersebut.

Semoga sekelumit informasi mengenai acian ini bisa membantu terutama bagi yang tengah membangun rumah, ya!

Perkenalkan, saya adalah admin dari website ini, jadi jika Anda ingin bekerjasama dengan website ini silahkan hubungi email ini. asysyafuq@gmail.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »